!-- Javascript Ad Tag: 6454 -->

Thursday, December 26, 2013

Snowden adalah orang yang sangat pribadi , kata wartaran Washington Post ke RT


.
Snowden adalah orang yang sangat pribadi , kata wartaran Washington Post ke RT

Edward Snowden telah memicu perdebatan global tentang kegiatan mata-mata badan Intelijen Amerika Serikat (NSA) , tetapi ia sebenarnya adalah " orang yang sangat pribadi " yang tidak suka mencari sensasi atau publikasi  , wartawan Washington Post Barton Gellman mengatakan kepada Russian Post (RT) . Snowden mengatakan kepada Gellman bahwa gagasan memiliki "switch bunuh diri " dari kebocoran tidaklah  logis .
Gellman , seorang wartawan Washington Post dan penulis laporan pemenang hadiah Pulitzer , menjadi reporter pertama yang mewawancarai Snowden sejak mantan kontraktor NSA itu diberikan suaka sementara di Rusia .

Snowden - yang berbicara dengan Gellman selama 14 jam dalam dua hari - menjelaskan alasan di balik whistleblowing , tetapi tidak berbicara banyak tentang kehidupan pribadinya .
Namun, Gellman memiliki  kesan sendiri tentang kepribadian Snowden yang ia lontarkan kepada koresponden  RT di Amerika , yang bercerita mengenai  wawasan langka dari  " manusia paling dicari  di Bumi , " yang menurut Gellman Edward Snowden menghabiskan sebagian besar waktunya di internet .

Wartawan Washington Post ini juga mengungkapkan tindakannya yang harus diambil sebelum bertemu dengan Snowden ,  sang whistleblower.

RT : Mengapa Snowden bersedia Anda  wawancarai  ? Dan kenapa sekarang?

Barton Gellman : Baik , alasannya  , Snowden  tidak ingin berada di tengah-tengah cerita. Dia ingin cerita menjadi sekitar pengawasan elektronik dan batas-batas spionase dan demokrasi . Jadi dia dijauhkan dari cerita . Saya menghabiskan banyak waktu mencoba untuk membujuknya bahwa pada akhir tahun ini , setelah setengah tahun perdebatan global yang luar biasa , bahwa harus ada semacam kesimpulan , apa yang telah kita pelajari , apa itu berarti . Dan kami membutuhkan suaranya dalam cerita itu . Dan dia setuju untuk membiarkan saya datang dan melihatnya .

RT : Anda bersamanya selama dua hari , dan selama 14 jam mewawancarainya . Bagaimana Anda menggambarkan Edward Snowden sekarang , dalam hal sikap dan mentalitas ?

BG : Dia sangat damai dengan segala sesuatu . Dia adalah pria di bawah tekanan yang cukup besar , saya harus berasumsi , tapi dia tidak menunjukkannya . Dia merasa seperti dia melakukan apa yang dia katakan " yang harus saya lakukan . " Ketika dia mengatakan apa yang dia capai dalam misinya , apa yang ia maksudkan adalah bahwa dia mengambil topik yang sangat penting dari sebuah dunia rahasia dan menyerahkannya kepada publik sehingga orang dapat memutuskan untuk diri mereka sendiri di mana mereka ingin menarik garis - alih-alih memiliki garis yang ditarik untuk mereka .

RT : Dalam artikel itu , Anda menyebutkan bahwa " penjaga tak pernah turun " selama wawancara . Apakah Anda mendapatkan arti bahwa ia terus-menerus mengkhawatirkan , atau peduli sama sekali tentang masa depannya ?

BG : Dia tidak memproyeksikan kekhawatiran tentang masa depannya . Apa yang saya maksud dengan itu adalah ... batas nya . Untuk satu hal , ia adalah orang yang sangat pribadi . Dia mengerti bahwa ia adalah dalam berita , bahwa ia telah melakukan sesuatu yang sangat layak diberitakan . Dia ingin berita menjadi tentang kebijakan , subjek , dokumen-dokumen itu sendiri . Dia tidak melihat bahwa dia punya kewajiban sama sekali untuk berbicara tentang kehidupan pribadinya . Dan dia memiliki masalah keamanan alam . Dan sehingga ia memperhatikan apa yang dikatakannya.

RT : Dapatkah Anda berbicara tentang bagaimana Anda siap untuk perjalanan ini ? Apakah Anda harus meninggalkan laptop Anda , ponsel Anda ? Tindakan pencegahan apa yang harus Anda ambil ?

BG : Saya dapat mengatakan sedikit tentang hal itu . Maksudku , aku tidak membawa apa-apa dengan saya bahwa saya tidak siap untuk memiliki satu atau lain , pegang pemerintah dan mencari atau menyimpan atau copy . Jadi , tidak, aku tidak membawa apa-apa yang serba sensitif . Aku membawa komputer notebook kosong dan aku membawa telepon saya tidak biasanya menggunakan , dengan tidak ada data saya di atasnya . Dan , sejauh yang saya tahu, tindakan pencegahan ini yang berlebihan pada akhirnya , karena tidak ada yang menghentikan saya .

RT : Apakah Snowden punya sesuatu untuk dikatakan tentang upaya reformasi saat ini berlangsung di Capitol Hill?

BG : Dia jelas memiliki pandangan sendiri tentang apa yang seharusnya terjadi . Apa yang paling ingin dia pastikan adalah bahwa bisa ada debat terbuka tentang hal itu dengan pengetahuan penuh. Itu semua di pengadilan rahasia , itu semua dalam sebuah komite yang sangat kecil dari Kongres .

Kami berbicara sebelum seminggu sangat besar baginya yang dibenarkan banyak pernyataannya . Dia telah mengatakan selama ini bahwa ia percaya beberapa program di NSA adalah ilegal . Nah , segera setelah kami berbicara , seorang hakim federal - yang pertama untuk mempertimbangkan itu di pengadilan terbuka - mengatakan bahwa salah satu program utama NSA hampir pasti " tidak konstitusional . "

Sendiri dewan peninjau presiden datang kembali dengan banyak proposal reformasi . Para pemimpin industri teknologi AS datang dan memberitahu presiden secara pribadi bahwa tindakan NSA yang merugikan ekonomi informasi . Jadi dia punya banyak validasi pada minggu kerja terakhir tahun ini .

RT : Snowden bersikeras bahwa dia tidak akan pernah ingin mempublikasikan kebocoran nya sekaligus , bahwa yang akan Bisakah Anda menjelaskan apa yang dimaksud dengan "switch bunuh diri . " ?

BG : Dia menentang [ massa ] publikasi atau membuang semua dokumen keluar . Dia tidak ingin aku untuk mempublikasikan segala sesuatu yang saya miliki, dia ingin saya untuk menggunakan penilaian saya sendiri tentang apa yang layak diberitakan dan apa yang akan merugikan . Jadi, tidak hanya itu dia tidak ingin semuanya sekaligus , ia tidak selalu ingin semuanya diterbitkan di tempat pertama .

Apa yang dia bicarakan dengan ini " bunuh diri " adalah ini : ada orang-orang yang mengklaim bahwa ia memiliki beberapa uang lainnya dari bahan yang dia punya dicurangi hingga saklar orang mati sehingga jika dia tidak terus memeriksa, jika sesuatu yang buruk terjadi kepadanya , maka ia melepaskan semua ini di dunia .

Pertama-tama , tidak ada bukti itu . Ini bertentangan dengan apa yang ia mengatakan ia ingin . Namun dia mengatakan , " hanya melihat secara logis , jika saya sudah dicurangi up saklar orang mati , saya mungkin juga meminta semua orang untuk menembak saya , karena setiap layanan di dunia yang benar-benar ingin hal ini go public , semua mereka harus lakukan adalah menyingkirkan saya . " Jadi tidak logis , katanya . Ini bukan saklar orang mati , melainkan sebuah saklar bunuh diri .

RT : Anda menyebutkan bahwa Anda memiliki semua bahan ini . Bagaimana Anda membuat keputusan tentang apa yang akan dirilis dan kapan?

BG : saya meninjau materi dengan jumlah yang sangat kecil dari rekan-rekan yang terpercaya , saya sedang melakukan pelaporan di sekitarnya . Banyak itu adalah dalam bentuk petunjuk , yang mungkin satu baris di setiap dari 16 dokumen , yang membuat saya berpikir bahwa ada sesuatu yang terjadi atau ada sesuatu yang menarik . Saya check it out, saya berbicara dengan pejabat pemerintah . Saya berbicara dengan orang di industri . Kadang-kadang aku yakin bahwa ide saya adalah salah, kadang-kadang aku dibujuk oleh [ a] pemerintah bahwa itu akan menjadi ide yang buruk untuk mempublikasikan cerita ini . Tapi yang paling sering kita menemukan sesuatu yang kita anggap menarik dan impor publik, dan setelah berkonsultasi dengan editor saya di Post, baru kami publikasikan .

RT : wartawan The Guardian diancam oleh pemerintah Inggris dan dipaksa untuk menghancurkan salinan dokumen yang dibocorkan oleh Snowden pada server mereka . Apakah itu pernah menjadi masalah bagi Anda ? Bagaimana Koran Anda mampu mempertahankan dokumen-dokumen ini dan melindungi mereka ?

BG : Jika ada ancaman atau paksaan digunakan untuk melawan saya atau The Washington Post, Anda akan tahu itu . Itu akan menjadi berita , dan kami akan menjadi yang pertama untuk melaporkannya . Belum ada upaya oleh pemerintah AS untuk memaksa kita untuk melakukan sesuatu . Ada saat-saat ketika mereka akan meminta kami , mereka akan mencoba untuk membujuk kami untuk tidak mempublikasikan sesuatu . Ada saat-saat ketika kami sepakat dan saat-saat ketika kita belum . Kami mengambil langkah-langkah yang sangat besar untuk menjaga bahan-bahan yang aman .

No comments:

Post a Comment